Dr. Muhamad Chatib Basri

Dr. Muhamad Chatib Basri

Dr. Muhamad Chatib Basri

Presiden Komisaris

Warga Negara Indonesia

Riwayat Pendidikan

Dr. Muhamad Chatib Basri memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia pada tahun 1992. Beliau kemudian memperoleh gelar Master of Economic Development dari Australian National University pada tahun 1996 dan memperoleh gelar Doktor di bidang Ekonomi dari Australian National University tahun 2001.

Dasar Hukum Pengangkatan dan Masa Jabatan

PosisiTermDasar PengangkatanMasa Jabatan
Presiden KomisarisTerm IKeputusan Rapat Umum Pemegang Saham tanggal 29 September 2016.2016 - 2019

Rangkap Jabatan

 YaTidakKeterangan
Anggota Direksi pada emiten atau perusahaan publik lain di Indonesia V 
Anggota Dewan Komisaris pada emiten atau perusahaan publik lain di IndonesiaV Komisaris Independen PT Astra International Tbk, & PT Indika Energy Tbk
Direktur atau Komisaris pada Entitas Anak Perusahaan atau Ventura Bersama XL Axiata v 

 

Pengalaman Profesional dan Riwayat Jabatan

Dr. Muhamad Chatib Basri, adalah mantan Menteri Keuangan Republik Indonesia untuk periode 2013 - 2014, Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia untuk dari tahun 2012 hingga 2013 dan Vice Chairman Komite Ekonomi Nasional Presiden Republik Indonesia untuk periode 2010-2012.

Beliau bergabung dengan XL Axiata dan menjabat sebagai Komisaris XL Axiata pada tahun 2011 dan mengundurkan diri pada tahun 2013. Beliau kembali bergabung dengan XL Axiata sebagai Komisaris di tahun 2015 sebelum akhirnya diangkat menjadi Presiden Komisaris pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa tahun 2016.

Saat ini beliau menduduki jabatan antara lain sebagai Chairman of Indonesia Infrastructure Finance, sebuah institusi keuangan non-bank yang dimiliki oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia, Advisor pada Sumitomo Mitsui Banking Corporation, Chairman of the Advisory Board di Mandiri Institute dan pengajar pada Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Hubungan Afiliasi

Jenis Hubungan AfiliasiYaTidakKeterangan
Hubungan keluarga dengan anggota Direksi atau Dewan Komisaris atau Pemegang Saham Utama. V 
Sebagai Direktur atau Komisaris pada Pemegang Saham Utamav Independent Non-Executive Director Axiata Group Berhad yang merupakan pemilik 100% saham Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd melalui Axiata Investments (Labuan)

Lebih Lanjut Tentang Perusahaan Kami

Kenali Direksi Kami

Struktur Organisasi

Kepemilikan dan Struktur Grup

Pertanyaan Lebih Lanjut
Tentang Perusahaan Kami?
Hubungi: