Apa yang dapat kami bantu hari ini?

7 Fakta 4G yang Perlu Kamu Ketahui tentang 4G

Berikut adalah beberapa fakta mengenai 4G yang perlu kamu ketahui:

 

1. Generasi ke-4

4G merupakan singkatan dari 4th Generation, alias generasi ke-empat dari jaringan mobile broadband. Jaringan 4G memungkinkan kita untuk mengakses internet dengan lebih cepat melalui smartphone atau tablet yang kita miliki. Berbagai aktivitas internetan seperti download, browsing, chatting, streaming musik dan video, hingga bersosial media akan terasa lebih maksimal karena kecepatannya.

 

2. LTE dan 4G Sistem

Memiliki 2 standar sistem 4G yang dikembangkan yaitu WiMAX yang pertama kali digunakan di Korea Selatan pada 2007, dan Long Term Evolution (LTE) yang digunakan di Oslo, Norwegia, Stockholm, Swedia pada 2009. Indonesia sendiri menggunakan 4G LTE.

 

3. 4G Nick Name

4G hadir dengan banyak nama, seperti HSPA+, WiMax, TD-LTE, LTE, LTE-Advanced. Di Indonesia, umumnya menggunakan 4G LTE.

 

4. Lebih Cepat

Berdasarkan sebuah penelitian, di awal tahun 2013 terjadi peningkatan akses untuk video sebanyak 2 kali lipat dan diperkirakan terjadi peningkatan sebanyak 12 kali di tahun 2018. Hal ini terjadi karena kecepatan mengakses video menjadi lebih cepat karena adanya 4G.

 

5. 10x Lebih Cepat Dari 4G

Jaringan 4G menawarkan kecepatan akses data yang tinggi, hingga 10x lipat dari pendahulunya yaitu 3G.

 

6. Download Lebih Cepat

Sebagai perbandingan, jika di jaringan 3G kita butuh 1 jam untuk mendownload sebuah film, maka di 4G kita hanya membutuhkan waktu hanya 10 menit. Hal ini ditargetkan terjadi di tahun 2020 di mana pengembangan 4G sudah berjalan maksimal.

 

7. Variasi Kecepatan Jaringan

Kecepatan jaringan 4G umumnya bervariasi, bergatung pada jarak device kita dengan antena pemancar, lokasi kita apakah berada di dalam atau luar ruangan, jumlah pengguna dalam sebuah area, dan jumlah antena pemancar yang berada dalam sebuah lokasi.

Related Questions